Pages

Monday 16 March 2015

Hargailah Air !


Air merupakan sumber kehidupan seluruh makhluk hidup di dunia ini. Manusia sangat membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga dengan tanaman dan hewan. Sebab air mempunyai peran penting untuk keberlangsungan hidup,  tanggal 22 Maret 1992 pada Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janeiro, Brasil, diusulkan untuk menjadi hari peringatan air sedunia (world water day).
Diharapkan dengan adanya hari air sedunia, bisa menyadarkan manusia untuk bisa memanfaatkan air dan pengelolaan air secara benar, serta dapat melakukan tindakan-tindakan untuk menyelamatkan air. Bukan hanya melalui kampanye-kampanye tentang hemat air atau menjaga air bersih, dalam keseharianpun juga harus menanamkan perilaku untuk terus menjaga air agar selalu bersih dan melimpah.
Indonesia, yang katanya negara kaya air, juga mengalami permasalah air. Kelangkaan air bersih melanda beberapa daerah di Indonesia. Kebutuhan air meningkat sedangkan ketersediaan air menurun. Penebangan pohon di hutan liar dan daerah-daerah resapan air, hal ini menjadikan krisis air semakin meningkat. Perubahan iklim yang tidak tentu juga salah satu faktor mengurangi ketersediaan air.
Penggunaan air secara berlebih-lebihan di pabrik-pabrik dan mengesampingkan efek limbah pabrik, tentu saja sangat merugikan masyarakat sekitar. Ini menjadikan produsen dan pengelola usaha untuk memperhatikan tentang sirkulasi air, mulai dari proses pemakaian hingga proses pembuangan. Agar limbah pabrik tidak mengalir ke sumber air bersih yang digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.
Air merupakan nikmat dan anugerah dari Allah SWT yang wajib kita jaga. Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa bukan hanya manusia dan makhluk hidup lainnya yang memerlukan air, bumi yang kita huni juga memerlukan air. Kita sebagai manusia seharusnya lebih bijaksana dan peduli dengan lingkungan untuk menyelamatkan sumber air bagi kehidupan.

Dengan demikian, banyak cara untuk menghargai air sebagai komponen utama setelah udara bagi kehidupan. Bagaimana cara untuk menghargai air? Caranya yaitu dengan menghemat air, mengurangi pencemaran air, menanam pohon, dan bertanggung jawab dalam menjaga sumber daya alam agar tidak terjadi kelangkaan air.

No comments:

Post a Comment